Social Icons

Sabtu, 30 Maret 2013

Mengenal Teater Melalui Film

Belakangan ini kami mencoba melahirkan kembali nuansa tontonan yang di rindukan masyarakat kota kita dengan suguhan bernuansa Layar Tancap Gresik, pergerakan ini kami songsong melihat pergerakan komunitas film yang telah menyusup hingga ke pelosok Indonesia makin terasa kuat dan tak terpatahkan. Belum lagi ruang-ruang alternatif yang dengan sukarela menyediakan tempat mereka khususnya bagi para filmmaker muda yang ingin memutar karya mereka dan membuka forum diskusi dengan para penonton secara langsung.
Dengan terobosan baru kali ini, Gresik Movie begitu bersemangat untuk memberikan suguhan positif bagai masyarakat Gresik dan sekitarnya dengan tayangan sehat yang perlu dinikmati akan kesegaran keberadaan saat ini. Sebuah Teater di sajikan berbeda dan diangkat melalui alunan khas Film Dokumenter untuk nikmati. Perlu kita ketahui bahwa Teater kota Gresik dikenal besar di Jawa Timur. Bahkan sebagian besar mengatakan bahwa gresik begitu kental khas Teaternya dan kami tahu mereka rindu akan semua itu. Khususnya Pelajar di kota gresik mempunyai jiwa besar dalam menghidupkan seni Teater, dan dengan Film Dokumenter karya Sutradara George Arif dengan sentuhannya tanganya mampu menyulap Rita Matu Mona (Senior Teater Koma dari Ibu Kota) untuk di garapnya kedalam sebuah karya Audio Visual dengan maksud memberikan makna banyak didalamanya bagi para penontonnya terutama pecinta seni Teater di gresik agar tetap gagah mempertahankan khas Teaternya sebagai warisan budaya yang harus tetap dihidupkan.

Dengan Keberadaan Film Persona yang merupakan Nominasi Piala Maya 2012  berpengaruh besar bagi konsumennya dan hal ini menjadikan suatu bukti  akan keberadaan sebuah seni Teater di dalam kehidupan dan tidak lain untuk memberikan gambaran besar untuk bisa mengenal sebuah seni Teater melalui Media Film sebagai media informasi yang efektif. Dan ini merupakan suatu peluang dan tantangan bagi para insan muda umumnya, khususnya yang bergelut dibidang tersebut

Program “Layar Tancap Gresik” dengan Pemutaran Film Dokumenter yang kelak bisa bermanfaat bagi keberadaan dunia seni Teater di kota Gresik dan ini adalah bentuk realisasi Anak-anak komunitas Film Indie Gresik Movie dengan Seluruh pelajar gresik khususnya dan masyarakar Gresik pada umumnya yang peduli akan keberadaan dan kemajuan kota kedepanya
WAKTU DAN NAMA KEGIATAN
Nama Kegiatan                   :           Layar Tancap Gresik
Tanggal                               :           7 April 2013
Waktu                                :           Sesi I ( 14.00-Selesai) dan Sesi II ( 19.00-Selesai)     
Tempat                              :           Gedung GNI (Gedung Nasional Indonesia) GRESIK 



                       Kami Persembahkan Film Persona Untuk Gresik





Tentang Film Persona

Film dokumenter panjang berdurasi 75 menit ini mengikuti kehidupan seorang aktris teater senior, Rita Matu Mona, dengan segala suka dukanya.

"There is no people, like show people," begitu kata Richardson. Apakah memang benar begitu? Produksi film ini berjalan selama 6 tahun, sejak tahun 2006 hingga sekarang. Sebuah film teater yang mendeskripsikan kehidupan seorang aktris teater senior, Rita Matu Mona, dengan segala perjuangannya. Di dalam film ini kita dapat menikmati dan mengapresiasi segala seluk beluk kehidupan berteater di Indonesia. Produksi film ini juga merupakan kelanjutan dari riset psikologi saya pada tahun 2000 yang meneliti konsep diri aktor teater profesional. Begitu sedikit penelitian dan kupasan mendalam mengenai teater dan kehidupan pekerjanya di Indonesia. Film ini menjadi penting sebagai sarana pembelajaran dan apresiasi bagi masyarakat luas akan kehidupan pekerja teater dengan segala suka dukanya.

Komentar Tentang Film Persona

Ratna Riantiarno
Teater Koma

”Saya terharu menonton film itu  dan ingin orang lain banyak yang nonton, tidak hanya dari kalangan orang teater saja tetapi juga diluar teater bahwa mereka mungkin melihat seorang actor atau aktris diatas panggung dengan di tonton setiap banyak orang itu terdapat  tantangan luar biasa tapi sebetulnya kehidupanya tidak seperti bergelimang lampu-lampu gemerlapan itu tapi banyak hal yang harus di atasi.”

 Jajang C. Noer
Aktris Film

“Saya bersyukur sekali adanya film ini, George hebat, kalian hebat. Kita juga bisa melihat dunia teater itu sendiri. Apa itu teater dan tentu saja kan terhibur dengan lagu-lagu. Lalu juga bagaimana kegidupan Backstage segala macem itu, pokoknya seru banget deh itu film bagus sekali nggak bosen. Karena kita mengetahui banyak sekali aspek bukan saja dari Rita tapi dari Teater itu sendiri, Terima kasih George terima kas



Tidak ada komentar:

Posting Komentar